Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Tri Harso Dorong Kemajuan UMKM Lokal dengan Peluncuran Aplikasi ‘Apik Bos’ dan Program ProLok

Redaksi
Saturday, December 30, 2023
Last Updated 2023-12-30T13:35:01Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 



BANJARNEGARA | BERITA-GLOBAL.COM - Penjabat Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto, memimpin peluncuran program inovatif "Aja Kelalen Tuku Prolok Banjarnegara Bersama Apik Bos" pada Kamis (28/12/2023) di Balai Desa Mertasari, Kecamatan Purwanegara.


Program ProLok, yang diinisiasi oleh Dinas Perindagkop UKM Kabupaten Banjarnegara dengan dukungan Bank Jateng Cabang Banjarnegara, bertujuan memajukan pelaku UMKM lokal dengan memperluas pemasaran produk melalui aplikasi toko online APIKBOS.


Dalam sambutannya, Pj. Bupati Tri Harso mengapresiasi inovasi APIK BOS, menyebut sektor UMKM sebagai pilar utama dalam menguatkan ekonomi rakyat dan mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Banjarnegara. Ia juga mendorong para pelaku UMKM untuk terus berinovasi agar produk-produk lokal dapat bersaing di tingkat nasional.


Tri Harso optimistis bahwa pada tahun 2024, Kabupaten Banjarnegara akan melangkah bebas dari stigma sebagai Kabupaten dengan tingkat kemiskinan ekstrim.


Kepala Dinas Perindagkop UKM Kabupaten Banjarnegara, Drs. Adi Cahyono Purwo Saputro, M.M, menjelaskan bahwa peluncuran ini bertujuan memperkenalkan aplikasi toko online lokal, APIKBOS, serta rencana pembangunan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) UMKM di Banjarnegara.


"Program Aja Kelalen Tuku Produk Lokal (ProLok) Banjarnegara Bersama APIKBOS ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan pemberdayaan UMKM di Kabupaten Banjarnegara," ucap Adi Cahyono.


Budi Wahyono SE, Kepala Bidang Koperasi UKM, menambahkan bahwa dukungan Pemkab Banjarnegara untuk produk lokal (ProLok) telah membawa kesuksesan, seperti program pembelian paket lebaran oleh ASN yang mencapai omset penjualan lebih dari Rp. 800.000.000 pada tahun 2023. Untuk tahun 2024, diharapkan program ini dapat diperluas untuk melibatkan lebih banyak pihak, termasuk perangkat desa dan pegawai BUMD.


"Selain itu, pada tahun 2024 juga akan dibangun Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) UMKM, menjadi pusat bagi produk lokal Banjarnegara," katanya.


Pada acara tersebut, digelar bazar produk unggulan UMKM, serta penyerahan penghargaan kepada pelaku UMKM yang berprestasi, termasuk Penghargaan Rangking 4 Entrepreneur Development UMKM tingkat Nasional. Acara juga dihadiri oleh pejabat terkait, ketua dan pengurus KADIN, HIPMI, IWAPI, APIK, pelaku UMKM disabilitas yang produknya telah menembus pasar internasional, dan perwakilan pelaku UMKM se Kabupaten Banjarnegara. (Wahyu)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner