Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Tradisi Sedekah Bumi Desa Asinan Memperkuat Kearifan Lokal

Redaksi
Friday, January 26, 2024
Last Updated 2024-01-26T12:04:55Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini


Laporan: W Widodo


KAB SEMARANG | BERITA-GLOBAL - Acara Sedekah Bumi (Nyadran) merupakan salah satu upacara adat jawa berupa prosesi seserahan hasil bumi dari masyarakat kepada alam. Upacara ini biasanya ditandai dengan acara selamatan Desa yang diadakan di Balai Desa atau tempat-tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat seperti halnya tempat Sumber air ataupun Makam.


Berkaitan dengan hal tersebut Desa Asinan yang merupakan wilayah Koramil 13/Bawen menyelenggarakan acara sedekah bumi yang bertempat di Tempat Pemakaman Umum Sepete Dusun Baan Desa Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang.


Dengan mengundang Forkopimcam Bawen dan dihadiri warga Desa Ngasinan, karena utamanya warga menganggap acara seperti merupakan bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa melalui alam yang telah memberikan hasil panen yang melimpah.


Danramil 13/Bawen Kapten Chk Hardjito dalam sambutanya menyampaikan bahwa Tradisi sedekah bumi ini merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat setempat, umumnya pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun temurun dari nenek moyang orang jawa jaman dahulu.


"Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat jawa yang berpotensi sebagai petani, berkebun yang menggantungkan hidup keluarga dan sanak saudara atau sanak keluarga mereka dari mengais rezeki dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi" Terangnya. 


Pada acara tersebut dihadiri Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang ikut memeriahkan sekaligus untuk menghadiri undangan, karena sudah merupakan rutinitas tahunan setiap menyelenggarakan acara sedekah bumi Desa Ngasinan. (*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner