Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Babinsa Ngopi di Sawah: Bangun Kepercayaan, Strategi Humanis untuk Swasembada Pangan di Boyolali

Redaksi
Thursday, July 25, 2024
Last Updated 2024-07-25T12:19:55Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini



Laporan: Tedy M


BOYOLALI | SUARAGLOBAL.COM – Dalam rangka mendukung program Pemerintah tentang Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 13/Nogosari Kodim 0724/Boyolali, Sertu Sutarji, turun ke sawah melaksanakan komunikasi sosial (komsos) dengan petani yang sedang mengerjakan tanahnya di Desa Kenteng, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali pada Kamis (25/07/2024).


Di area persawahan sembari ngopi, Babinsa Sertu Sutarji mengatakan bahwa pendampingan kepada petani oleh Babinsa dilakukan dengan sangat humanis, penuh keakraban, dan suasana kekeluargaan. Hal ini bertujuan agar para petani merasa nyaman dan tidak canggung menerima kehadiran Babinsa di tengah-tengah mereka.


"Membangun kedekatan dan kepercayaan kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk petani, menjadi langkah penting bagi Babinsa di wilayah binaan. Menghadapi para petani, Babinsa dituntut bisa lugas dan luwes mengingat budaya warga Desa Kenteng yang sangat halus dan ramah, sehingga upaya mendukung dan mensukseskan program pemerintah bisa berhasil," ujar Babinsa.


Lebih lanjut, Sertu Sutarji menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah sawahnya guna mempercepat masa tanam. Ia menjelaskan bahwa kebiasaan para petani setelah masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawahnya dengan alasan dan kesibukan menjemur padi atau gabah hasil panen. "Hal ini harus diingatkan dan disosialisasikan agar lahan tidak dibiarkan terbengkalai begitu saja, sehingga tidak ada lahan yang nganggur," imbuhnya.


Sertu Sutarji meyakini, bila percepatan penanaman padi terus dilakukan maka bisa dipastikan hasil panen petani tahun ini akan meningkat. "Kegiatan ini kita laksanakan sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Babinsa. Selain mendampingi para petani supaya kehidupannya lebih sejahtera, juga bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah sehingga tercapai program dari pemerintah untuk swasembada pangan secara nasional," pungkasnya.


Dengan langkah-langkah ini, Babinsa diharapkan dapat menjadi jembatan yang kuat antara pemerintah dan petani, mendukung kesejahteraan masyarakat serta mencapai target swasembada pangan. (*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner