Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Diresmikan Menjadi Pusat Olah Raga Dirgantara Bergengsi, Gantole, Telomoyo Makin Berkibar!

Redaksi
Thursday, July 25, 2024
Last Updated 2024-07-25T12:00:35Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 


Laporan: Vb Prabawani


KAB SEMARANG | SUARAGLOBAL.COM - Bertepatan dengan event Festival Telomoyo 2024, turut diresmikan pula Telomoyo sebagai lokasi olahraga dirgantara dunia, khususnya gantole, . Festival kali ini dimulai dengan Kejuaraan Gantole  yang dilaksanakan pada tanggal 23 Juli- 28 Juli 2024 dengan mengambil start di Gunung Telomoyo dan landing di Depan Baloeng Gadjah, Desa Candirejo. Dilanjutkan dengan IPXC Paralayang pada 30 JULI – 4 Agustus 2024, dengan start Gunung Gajah dan landing di Lapangan Muncul, Desa Rowosari. Berikutnya pada tanggal 10- 11 Agustus 2024 akan diadakan Gajah Trail Run yang mengambil start di Gunung Gajah juga dan finish di Gunung Gajah, Desa Nogosaren. 


Telomoyo yang berada di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang memliki ketinggian 1800an MDPL menjadi lokasi start Kejuaraan Terbuka Internasional Lintas Alam Terbatas Telomoyo Cup VIII 2024.  


Kejuaraan Gantole kali ini diikuti oleh 31 peserta, 6 diantaranya berasal dari India sementara 25 atlet lain berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, DIY dan Banten. “ Ini terbang yang kedua kalinya di Telomoyo, dan jadi ketagihan, pingin terbang lama juga sekitar 2 jam diatas, karena pemandangan alam di sini sangat bagus” ungkap Yohana, satu- satunya pilot perempuan pada kejuaraan kali ini. 


Pada hari pertama perlombaan, para atlet diwajibkan menyelesaikan tugas sejauh 25km dengan turn point di titik-titik tertentu sesuai yang diberikan oleh panitia.


Yang tak kalah menarik dari event Festival Telomoyo kali ini adalah Peresmian Telomoyo sebagai pusat olahraga dirgantara yang diresmikan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Jateng Sujarwanto Dwiatmoko dengan menandatangani prasasti dilanjutkan dengan penglepasan burung merpati pada 24/07/2024 dari landasan take off  gantole Telomoyo. 


“Dengan puncak tertinggi di Indonesia untuk olahraga dirgantara serta memiliki potensi alam yang mendukung dan  kontur yang beragam, kekayaan seni budaya, kami serius mengembangkan sport tourism Jawa Tengah, termasuk Telomoyo ini “ ungkap Sujarwanto Dwiatmoko. 


Sementara Marsda Andi Wijaya juga mengungkapkan jika oloahraga dirgantara itu membentuk karakter yang bagus , karena orang-orang yang memiliki passion di bidang olahraga dirgantara pasti disiplin dan mental berani. Disampaikan lebih lanjut, “ Kawasan yang berkembang sebagai pusat kegiatan aerosport tourism bisa memberi dampak baik bagi masyarakat, kususnya masyararakat sekitar lokasi kawasan ya, para pelaku umkm, serta stakeholder, mampu menciptakan efek positif yang mampu menggerakkan ekonomi.” (*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner