Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

SUMOWONO BERKEARIFAN LOKAL, SUMOWONO BERTARI BERKOLOSAL PRAJURITAN

Redaksi
Thursday, August 17, 2023
Last Updated 2023-08-17T13:01:17Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 



Laporan: Vb Pabrawani


UNGARAN | BERITA-GLOBAL.COM - Tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, KORWILCAM bidang Pendidikan Kecamatan Sumowono dan seluruh Sekolah Dasar se kecamatan sumowono menggelar tari prajuritan secara kolosal.


Acara yang diikuti oleh pelajar sekolah dasar dan dikomandani serta dibina oleh guru seni tiap sekolahan ini menampilkan gerakan tari yang kompak, energik serta apik. Pagelaran dengan penari lebih dari 450 orang siswa dari 28 SD dan MI serta guru pendamping kesenian sebagai pembina di masing-masing sekolah ini diharapkan mampu menggugah rasa memiliki serta nguri-uri budaya jawa sebagai salah satu sumber budaya nasional.


Disampaikan oleh ketua KORWILCAM bidang Pendidikan  Kecamatan Sumowono bahwa penanaman nilai-nilai leluhur yang telah diwariskan oleh generasi terdahulu kepada generasi muda saat ini penting. Beliau melanjutkan, “ Tari keprajuritan ini merupakan budaya lokal, artinya bahwa jika kearifan lokal diangkat, maka anak- anak akan memikili nilai-nilai penghormatan kepada leluhur, disampng itu, karena tari prajuritan merupakan seni budaya, maka secara bahasa pendidikan, keterampilan dan kompetensi anak- anak di bidang seni ini akan dikembangkan dengan adanya acara seperti ini. Dan harapan kedepan tari rajuritan ini mampu menjadi daya tarik yang unik, mengingat untuk saat ini, tiap sekolah SD sudah menjadikan tari prajuritan sebagai salah satu kegiatan ekstra kurikuler sekolah, “ ungkap Bapak Sarjono, S.Pd. M.M.


Ditemui tempat terpisah, Ibu Fajar Kuna’ah selaku pembina seni dari SD Negeri Lanjan 02 menyampaikan bahwa persiapan tari kolosal ini sangat mepet waktunya. Beliau menyampaikan, “Mengingat pada pertengah bulan Juli anak-anak mengawali masuk sekolah tahun ajaran baru, dilanjutkan rencana kejutan untuk mengadakan tari kolosal menyambut HUT RI Ke-78, maka waktu berlatih yang tersedia hanya sekotar 2-4 mimggu. Sedangkan yang menjadi kendala adalah anak yang belum hafal akan gerakan tari, karena musik yang bernada hampir sama namun gerakan berbeda. Nah untuk mengatasi kendala ini, maka mau tidak mau guru pendamping seni bersama siswa yang terpilh bekerja keras berlatih intensif di sela- sela waktu luang dan sepulang sekolah. Sementara di rumah, anak-anak tadi berlatih sendiri melalui video pembelajaran yang dibuat oleh grup guru kesenian.”


Berlokasi di kantor kecamatan Sumowono, Bapak Cholid Mawardi, S.H., M.M., selaku camat Sumowono menanggapi positif  tentang tari kolosal prajuritan, “ Kami merasa bangga dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas persembahan tari kolosal prajuritan anak SD hari ini. Penghargaan untuk bapak ibu guru yang telah membimbing dan mensukseskan kegiatan dalam rangka HUT RI Ke-78, untuk menuju SUMOWONO BISO kali ini. Ungkapan terima kasih dan apresiasi kami haturkan untuk warga Sumowono khususnya anak-anak, generasi muda yang dengan persiapan tidak lama melalui KORWILCAM Bidang Pendidikan yang diketuai oleh Bapak Sarjono, S.Pd. M.M., mmeminta ijin mementaskan tari prajuritan anak sekolah itu luar biasa” sambut beliau dalam wawancara kali ini.


Masih berlokasi di Kecamatan Sumowono, dengan ketua umun Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-78 Bapak Budiyono sekaligus juga sebagai Kepala Desa Sumowono beliau menambahkan, “Sumowono merupakan desa yang kompleks dalam hal kemasyarakatan dan budaya yang dapat dibanggakan. Mengapa? Karena  dalam kegiatan ini ada yang bersifat kenegaraan seperti upacara, tabur bunga, tuguran, namun secara tradisi kebudayaan ada penampilan kesenian rakyat yang dimiliki oleh masyarakat Sumowono seperti prajuritan, kuda lumping, serta reog. Sebenarnya, HUT RI setiap tahunnya merupakan momentum kegiatan milik masyarakat, khususnya masyarakat sumowono,’  tutup Bapak Budiyono. (*)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner