Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah Jatuh pada Hari Rabu, 10 April 2024

Redaksi
Tuesday, April 9, 2024
Last Updated 2024-04-09T15:40:03Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 

Istimewa


Laporan : Anta


JAKARTA | SUARAGLOBAL.COM -  Pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1445 Hijriah, yang merupakan hari Idulfitri, akan jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024 Masehi. Keputusan ini diumumkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, pada Selasa (09/04/2024).


Menurut pernyataan pers yang dikeluarkan setelah sidang, Menteri Agama menjelaskan bahwa penetapan ini didasarkan pada hisab posisi hilal wilayah Indonesia yang telah memenuhi kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Kriteria tersebut mensyaratkan ketinggian hilal minimal 3 derajat dan sudut elongasi minimal 6,4 derajat.


"Data posisi hilal hari ini menunjukkan ketinggian hilal berkisar antara 4 derajat 52,71 menit hingga 7 derajat 37,84 menit, dengan sudut elongasi berkisar antara 8 derajat 23,68 menit hingga 10 derajat 12,94 menit," ungkap Menteri Agama.


Dengan penetapan ini, diharapkan seluruh umat Islam di Indonesia dapat merayakan Idulfitri dengan sukacita dan kebersamaan. Menteri Agama berharap bahwa keputusan ini akan memperkuat persatuan umat Islam dalam menjalankan ibadah dan bermusyawarah di bawah naungan tanah air yang sama.


Ini merupakan keputusan penting bagi umat Islam di Indonesia, karena menetapkan tanggal resmi bagi perayaan Idulfitri memungkinkan mereka untuk merencanakan perayaan dan kegiatan lainnya dengan lebih baik. (*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner