Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Hasil Survei Locus Intelektual MD KAHMI Ungkap Sosok Pemimpin Ideal Kota Salatiga Menjelang Pilkada 2024

Redaksi
Wednesday, May 22, 2024
Last Updated 2024-05-22T08:41:51Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 



Laporan: W Widodo



SALATIGA | SUARAGLOBAL.COM - Menjelang Pilkada Kota Salatiga 2024, Majelis Daerah (MD) Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kota Salatiga mengadakan survei untuk mengidentifikasi sosok pemimpin ideal dari perspektif masyarakat setempat. Survei ini dilakukan melalui program Locus Intelektual dengan tujuan memberikan wawasan kepada warga Salatiga dalam memilih pemimpin yang tepat. (22 Mei 2024)


Bagi pemilih, memilih pemimpin harus dilakukan secara cermat dan bijak. Begitu juga bagi yang ingin dipilih, mereka harus mengetahui apa yang diinginkan oleh pemilih. Sebagai bagian dari upaya mencerdaskan seluruh warga Salatiga, baik pemilih maupun calon pemimpin, penting untuk menyampaikan hasil survei mengenai sosok walikota yang diharapkan. Jelasnya


Survei ini dilakukan dengan menggunakan Rumus Slovin untuk menentukan ukuran sampel dengan tingkat signifikansi yang dipilih. Pengisian angket dilakukan dari tanggal 5-15 Mei 2024 kepada 300 responden dari empat kecamatan di Kota Salatiga, yakni Sidorejo, Sidomukti, Tingkir, dan Argomulyo, yang terdiri dari 23 kelurahan. Responden terdiri dari pria dan wanita berusia 17 hingga di atas 65 tahun. Basis responden secara demografis adalah Kecamatan Sidorejo 21%, Sidomukti 18%, Tingkir 31%, dan Argomulyo 30%.


Hasil survei menunjukkan karakter yang diinginkan masyarakat dalam memimpin Kota Salatiga dengan model kepemimpinan sebagai berikut: Berpandangan visioner 49%, Berwawasan multikultural 26%, Sistem demokratis 21%, Kepemimpinan otoriter 2%, dan Mengedepankan religiusitas 2%.


Dalam hal integritas atau moralitas, karakteristik yang kuat yang diinginkan warga Salatiga dari seorang pemimpin mencakup: Bersikap jujur 52%, Bertanggung jawab 31%, Bekerja keras 13%, dan Berperilaku disiplin 4%.


Adapun latar belakang pekerjaan, hasil survei menunjukkan preferensi sebagai berikut: Tokoh agama dan tokoh pendidikan 37%, ASN dan TNI/POLRI 21%, Politisi dan partai 19%, Wiraswasta dan bisnis 16%, dan Aktivis masyarakat 7%.


Survei juga menanyakan tentang wilayah konsentrasi visi/program kerja yang paling diinginkan untuk menjadi perhatian walikota terpilih. Hasilnya adalah: Perhatian terhadap fasilitas umum 42%, Dunia pendidikan 29%, Wahana wisata 22%, dan Kehidupan keberagamaan 7%.


Prof. Dr. Rasimin, M.Pd, selaku Presidium MD KAHMI Kota Salatiga, menegaskan, “Dari hasil survei ini, warga masyarakat Kota Salatiga memiliki standar ideal, seperti sosok pemimpin yang demokratis dan visioner, jujur dan bertanggung jawab. Selain itu, juga punya perhatian terhadap wilayah pendidikan dan fasilitas umum yang sekaligus dapat dijadikan wahana wisata dan rekreasi."


Sementara Prof. Mukti Ali, selaku Koordinator Presidium, dalam sesi penutup pemaparan hasil survei ini menyatakan bahwa, Locus Intelektual MD KAHMI Kota Salatiga berharap hasil survei ini dapat menjadi panduan bagi masyarakat Kota Salatiga dalam memilih pemimpin yang akan membawa perbaikan dan perubahan positif bagi kota ini pada Pilkada 2024. Lebih lanjut, survei ini juga diharapkan dapat memberikan masukan berharga bagi para calon pemimpin tentang apa yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkan oleh warga masyarakat Kota Salatiga.


Sementara itu, Prof. Dr. Rasimin, M.Pd, selaku Presidium MD KAHMI Kota Salatiga, menegaskan bahwa warga Salatiga memiliki standar ideal untuk pemimpin mereka, yaitu sosok yang demokratis, visioner, jujur, dan bertanggung jawab. Selain itu, pemimpin juga diharapkan memiliki perhatian terhadap pendidikan dan fasilitas umum yang dapat dijadikan wahana wisata dan rekreasi.(*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner