Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Pj Gubernur Jatim Pimpin Apel Siaga Gabungan Pengendalian Karhutla Tahun 2024

Redaksi
Wednesday, July 24, 2024
Last Updated 2024-07-24T15:49:14Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 


Laporan: Iswahyu Artya


MOJOKERTO | SUARAGLOBAL.COM  – Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, memimpin Apel Siaga Gabungan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Desa Trawas, Kabupaten Mojokerto. (23 Juli 2024).


 Apel tersebut melibatkan sekitar 800 personel dari berbagai instansi, termasuk TNI, Polri, Polhut, BPBD, Tagana, dan MPA (Masyarakat Peduli Api).


Acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi potensi Karhutla, tetapi juga mencakup simulasi penanggulangan dan pemadaman kebakaran. 


Pj Gubernur Adhy Karyono turut memberikan bantuan peralatan pemadam kebakaran kepada MPA, berupa jetshooter, sepatu boot, gepyok, sarung tangan, kacamata, dan topi.

Dalam sambutannya, Adhy Karyono


 menekankan pentingnya peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat untuk mencegah terjadinya Karhutla. Ia menyoroti perlunya penetapan status siaga darurat, memastikan kesiapan personel, serta melakukan patroli, penyuluhan, dan sosialisasi yang intensif.


“Upaya pencegahan harus menjadi prioritas kita. Kami harus segera menetapkan status siaga darurat dan memastikan semua sarana serta prasarana dalam kondisi siap digunakan,” ujar Adhy.


Selain itu, Adhy juga menginstruksikan untuk melakukan pemantauan rutin menggunakan aplikasi SiPongi dan mengikuti prediksi cuaca dari BMKG. Ini bertujuan agar tindakan pengendalian Karhutla dapat dilakukan dengan cepat dan efektif.


Sebagai bagian dari upaya kesiapsiagaan, Pemprov Jatim telah menerbitkan Keputusan Gubernur nomor: 100.3.3.1/53/KPTS/013/2024 pada 30 Januari 2024, yang menjadi pedoman koordinasi dan evaluasi penanganan Karhutla di provinsi ini.


Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, luas hutan yang terbakar di Jawa Timur selama periode 1 Januari hingga 30 Juni 2024 tercatat seluas 360,79 hektare, atau 0,03 persen dari total luas kawasan hutan


. Adhy berharap satuan tugas dapat bekerja secara efektif dan efisien, serta melibatkan semua pihak dalam upaya pencegahan Karhutla.


“Semoga dengan kesiapsiagaan dan koordinasi yang baik, kita dapat menghadapi potensi ancaman Karhutla di tahun 2024 dengan lebih baik,” tutup Adhy. (*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner