Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Simulasi Sispamkota, Polres Pasuruan Siap Amankan Pilkada Serentak 2024

Redaksi
Saturday, July 20, 2024
Last Updated 2024-07-20T07:01:23Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 


Laporan: Ninis Indrawati


PASURUAN | SUARAGLOBAL.COM – Polres Pasuruan melaksanakan Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai persiapan menghadapi Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Pasuruan. Kegiatan ini berlangsung di lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Pasuruan pada Kamis (18/07/2024).


Simulasi tersebut melibatkan personel gabungan dari berbagai instansi, termasuk anggota Polres Pasuruan, Polsek jajaran, Kodim 0819 Pasuruan, Satpol PP, dan Dishub. 


Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Semeru 2024 yang dirancang untuk memastikan kesiapan pengamanan selama Pilkada.


Simulasi Sispamkota dilakukan dengan skenario yang mencerminkan berbagai potensi ancaman dan gangguan Kamtibmas berdasarkan anatomi demografi wilayah. 


Beberapa skenario yang dijalankan antara lain adalah penanganan demonstran, penangkapan peserta demo yang anarkis, pengamanan fasilitas Pemilu, dan pengamanan pasangan calon (Paslon) Pilkada.


Salah satu adegan dalam simulasi melibatkan pembakaran ban oleh demonstran, yang dengan cepat ditangani oleh petugas pemadam kebakaran. 


Selain itu, terdapat skenario evakuasi korban menggunakan ambulans serta aksi penyelamatan sandera yang menunjukkan kemampuan bela diri dari aparat TNI-Polri dan petugas Pemkab Pasuruan.


Kapolres Pasuruan, AKBP Teddy Chandra, S.I.K., M.Si., menegaskan kesiapan ratusan personel gabungan untuk mengamankan Pilkada 2024 di wilayah Kabupaten Pasuruan. 


Seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja Semeru 2024 siap mengamankan Pilkada 2024," ungkap AKBP Teddy.


Lebih lanjut, AKBP Teddy menjelaskan bahwa Polres Pasuruan akan memaksimalkan fungsi intelijen untuk melakukan deteksi dini, pemetaan, dan profiling target yang berpotensi mengganggu keamanan Pilkada.


 Sinergi dengan TNI dan pemerintah Kabupaten Pasuruan juga dioptimalkan untuk mendeteksi isu-isu yang dapat mengganggu jalannya Pilkada.


"Dengan sinergitas dan kolaborasi, kami dapat memahami dan menghadapi isu-isu yang memerlukan penebalan pengamanan di wilayah-wilayah tertentu," terang Kapolres.


Kapolres juga mengimbau masyarakat Kabupaten Pasuruan untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kondusifitas wilayah selama tahapan Pilkada. "Beda pilihan boleh, namun persatuan dan kesatuan harus tetap kita kedepankan," tuturnya.


Simulasi Sispamkota ini menunjukkan komitmen Polres Pasuruan dalam memastikan keamanan dan kelancaran Pilkada Serentak 2024, dengan harapan terciptanya situasi yang kondusif dan demokratis di wilayah Kabupaten Pasuruan. (*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner