Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger TemplatesPremium By Raushan Design With Shroff Templates

Iklan

Sampah Bukan Musibah, Tapi Berkah: Ratusan Siswa SMP IT Izzatul Islam Belajar Pengelolaan Sampah Langsung dari Pakar Lingkungan

Redaksi
Wednesday, August 28, 2024
Last Updated 2024-08-28T11:35:43Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Disini

 


Laporan: Imam Prabowo


KAB SEMARANG | SUARAGLOBAL.COM - Ratusan siswa dari SMP IT Izzatul Islam Getasan berkesempatan untuk belajar langsung mengenai pengelolaan sampah dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Semarang, Heru Purwantoro, pada Senin (26/08/2024) di Gedung Perpustakaan sekolah tersebut. Kegiatan ini merupakan bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mengusung tema 'Gaya Hidup Berkelanjutan' dengan topik spesifik 'Sampahku, Kreasiku'.


Dalam sesi edukasi tersebut, Heru Purwantoro menekankan pentingnya memandang sampah bukan sebagai masalah, melainkan sebagai peluang. Menurutnya, banyak jenis sampah yang dapat diolah kembali menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi. “Coba anak-anak perhatikan sampah yang ada di sekeliling rumah kalian. Ada banyak sampah yang sebenarnya bisa diolah lagi sehingga menjadi berkah bernilai ekonomi. Baik itu sampah organik maupun sampah anorganik. Makanya, mari kita belajar dengan ilmu yang ada dan kepada siapa saja agar kita mampu mengolah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan,” ujar Heru.


Lebih lanjut, Heru memberikan berbagai contoh konkret mengenai pengolahan sampah menjadi produk bernilai. Sampah anorganik, misalnya, dapat diubah menjadi kerajinan tangan seperti kursi, meja, tempat sampah, hingga pot bunga yang dibuat dari ban mobil bekas. Sementara itu, sampah organik bisa diolah menjadi pupuk kompos atau ecoenzyme, yang memiliki manfaat besar bagi pertanian dan lingkungan.


Kehadiran Heru Purwantoro di SMP IT Izzatul Islam juga menjadi bagian dari program "Kelas Inspirasi", yang bertujuan memotivasi para siswa melalui kisah dan pengalaman tokoh-tokoh sukses dari daerah mereka. Muniroh, guru sekaligus moderator acara, menyoroti fakta bahwa banyak pejabat penting di Pemerintah Kabupaten Semarang yang berasal dari Kecamatan Getasan, termasuk Bupati Semarang saat ini, Ngesti Nugraha. “Kehadiran Bapak Heru Purwantoro yang dulu juga pernah menjadi Camat Getasan ini untuk memberikan inspirasi kepada kalian semua. Coba sekarang ini yang menjadi Bupati Semarang adalah orang Getasan, yaitu Bapak Ngesti Nugraha. Dengan kesungguhan dan semangat yang tinggi insya Allah anak-anak akan menjadi orang yang sukses di kemudian hari,” tutur Muniroh kepada para siswa.


Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan praktis mengenai pengelolaan sampah, tetapi juga terinspirasi untuk berkontribusi bagi lingkungan dan masyarakat sekitar dengan memanfaatkan sampah sebagai sumber daya yang berharga. (*)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Banner